Penggunaan Energi Listrik Dalam Kehidupan Sehari-hari

Energi listrik sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus terpenuhi untuk dapat melakukan aktivitas sehari-hari
bola-lampu
Gambar ilustrasi bola lampu - taken from google image 
Hai sobat elektronika... Seperti yang telah kita pelajari pada pembahasan sebelumnya bahwa elektron merupakan sumber arus istrik, maka kali ini akan kita pelajari penggunaan energi listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Pada masa modern ini seolah-olah dapat dikatakan bahwa manusia tidak dapat hidup tanpa listrik. Benarkah demikian? Coba perhatikan, dalam sehari saja berapa lama kalian menggunakan gadget untuk aktivitas sehari-hari? Misal untuk berkomunikasi dengan teman, mengerjakan tugas laporan, atau hanya sekedar memuaskan diri bermain game.

Tidak bisa dipungkiri bahwa listrik sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Gadget kalian bisa hidup karena apa coba? Tentunya dengan adanya listrik yang ada pada baterai gadget itu. Kalau listriknya habis, apa yang terjadi? Gadget tersebut akan mati dan tidak dapat digunakan. Ini baru salah satu contoh penggunaan energi listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Tahukah kalian bahwa secara umum penggunaan energi listrik dapat dikelompokan menjadi dua, yaitu :

  • Basic Electricity, yaitu penggunaan enerrgi listrik secara langsung. Maksudnya energi listrik tersebut digunakan sebagai tenaga utama secara langsung tanpa adanya proses lebih lanjut. Penggunaan energi listrik dengan basic electricity umumnya digunakan pada:
    • Lampu pijar atau lampu tabung (neon)
    • Kipas angin
    • Bor listrik
    • Mesin pompa air
    • Motor listrik
    • Lemari es
    • Elemen pemanas, & alat listrik lain yang tidak menggunakan rangkaian elektronika

  • Basic Electronic, yaitu penggunaan energi listrik dengan melalui pemrosesan terlebih dahulu didalam komponen-komponen elelektronika. Sehingga energi listrik diproses terlebih dahulu sebelum digunakan sebagai tenaga utama dalam kebutuhan yang sesungguhnya. Penggunaan enerrgi listrik dengan basic electronik umumnya digunakan pada:
    • Pesawat radio
    • Televisi
    • Tape recorder
    • Komputer
    • Vcd/dvd player
    • Amplifier
    • Lampu hemat energi, & perangkat elektronik lain yang menggunkan rangkaian elektronika

Kita hidup pada zaman dimana hampir semua kegiatan manusia tergantung dengan adanya listrik. Mulai dari pekerjaan rumah tangga seperti mencuci, memasak, menyetlika pakaian, memotong rambut, dan masih banyak lagi hingga pekerjaan industri seperti perkantoran, perusahaan transportasi, instansi pemerintahan dan semua kegiatan lainya.

Akhir-akhir ini kita sedang dihadapkan dengan masalah krisis energi salah satunya adalah mulai berkurangnya pasokan energi listrik ini ke sejumlah daerah. Untuk itu perlu adanya pengefisiensian terhadap penggunaan energi listrik. Diantaranya pembatasan waktu penggunaan peralatan listrik mulai pukul 17.00 hingga pukul 22.00 atau penggunaan peralatan yang hemat energi. 

Listrik memang memberikan manfaat yang sangat banyak dalam kehidupan manusia namun tak jarang juga membawa dampak buruk.

Kalian pernah berpikir tentang perbedaan manusia yang hidup pada zaman sekarang dengan manusia yang hidup pada beberapa puluh tahun yang lalu? Orang-orang zaman dahulu bisa dikatakan lebih kuat secara fisik dibanding dengan manusia zaman sekarang. Karena pada waktu itu belum banyak peratan dalam menunjang kehidupan mereka yang dapat memanfaatkan energi lisrik, jadi masih serba manual.

Sekarang coba kalian tengok bagaimana kehidupan manusia dizaman modern ini. Peralatan yang digunakan serba otomatis atau paling tidak sudah memanfaatkan energi listrik untuk dapat digunakan. Inilah salah satu faktor dimana menyebabkan penurunan kualitas fisik orang-orang yang hidup dizaman sekarang ini.

Kesimpulan

Energi listrik sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus terpenuhi untuk dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Pemanfaatan energi listrik dalam kehidupan sehari-hari dibagi menjadi dua kelompok besar berdasarkan cara penggunaanya, yaitu Basic Electricity dan Basic Electronic.

Dengan adanya energi listrik dalam kehidupan juga memberikan dampat positif dan negtif. 

Dampak positifnya adalah kita semakin dipermudah untuk melakukan sesuatu karena hampir sebagian besar peralatan sudah menggunakan energi listrik. Dampak negatifnya adalah tanpa disadari manusia menjadi semakin malas dan enggan mengerjakan sesuatu yang berat. Hal ini dikarenakan sudah terbiasa dan dimanja dengan kemudahan-kemudahan akibat adanya energi listrik.