Jenis Audio Sistem Berdasarkan Tempat Penggunaannya


perangkat-audio-sound-system
Perangkat Audio Sound System - take from google image
Hai Sobat Elektronka... Pasti kalian sudah tidak asing lagi kan dengan sistem pendistribusi suara? Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit pembahasan mengenai jenis audio sistem berdasarkan tempat penggunaanya. Tahukah kalian, bahwa audio sistem dapat dibedakan menjadi beberapa jenis? mari simak ulasan berikut ini :

1. Audio sistem untuk Publick Address System.

PA (Public Address) System merupakan serangkaian sistem penyalur suara melalui perangkat elektronik yang mencangkup mikrofon, amplifier dan loudspeakers. Biasanya PA System digunakan untuk area publik yang luas guna mengumumkan sesuatu, atau hanya sebagai pemutar background musik dan sistem evakuasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Menurut skala instalasinya Publik Addes System dibagi menjadi:

  • Small System : Merupakan skala instalasi pada ruangan yang relatif kecil. Tidak begitu memerlukan banyak perangkat karena yang diharapkan dari sistem ini adalah informasi/suara dapat didengar dengan jelas pada satu ruangan itu. Contoh penggunaan audio sistem skala kecil dapat kita lihat di ruang klinik, front office, small bar/kafe, small outlet, tempat ibadah, dll. 
  • Large System : Merupakan skala instalasi pada area yang lebih luas. Instalasi pada Large System akan lebih rumit karena terdapat pembagian zona (misal di area A ingin terdengar suara musik, sedangkan di area B digunakan untuk voice dan seterusnya untuk zona yang lain). Perangkat yang digunakan juga semakin banyak sesuai dengan besarnya kebutuhan zona/system. 
  • Advance System : Jika dalam penerapan PA (Public Address) System terkendala jarak atau ruang yang berbeda dan jauh, PA System dapat menggunakan IP. Misalkan dalam suatu komplek perusahaan terdapat beberapa gedung yang berbeda, maka untuk mengintegrasikan system tersebut dapat menggunakan IP. Sehingga untuk kontrol sistem yang ada bisa dilakukan dalam satu ruang kontrol saja untuk mengkontrol beberapa sistem di beberapa gedung.

2. Audio sistem untuk home / personal use.

Rumah-rumah modern biasanya dilengkapi audio sistem untuk menikmati hiburan seperti home teather, musik, siaran radio atau televisi. Selain untuk menikmati berbagai sarana hiburan, audio sistem rumah bisa juga digunakan dengan tujuan keamanan dengan cara dihubungkan dengan sistem alarm maupun perangkat CCTV. Tingkat kerumitan isntalasi audio dirumah tergantung apa tujuan penggunaan audio sistem di rumah tersebut.

3. Audio sistem professional / comercial use.

Rekaman lagu dari musisi terkenal pasti membutuhkan peralatan recording yang benar-benar bagus dan professional. Sesuai dengan namanya, sistem audio ini memang ditujukan untuk keperluan rekaman. Audio sistem professional menggunakan perangkat yang lebih banyak jumlahnya dengan fitur menggunakan fitur canggih dan menerapkan sistem Hi-Fi. 

Hi-Fi (High Fidelity) adalah standar perangkat audio khususnya amplifier untuk menghasilkan kualitas suara yang sama dengan input aslinya. Dengan kata lain output dari penguat Amplifier ini harus tidak ada cacat sedikitpun, sehingga akan menghasilkan suara yang bersih, natural, bass nendang, trebel empuk, dan enak didengar.

Amplifier Hi-Fi harus memenuhi syarat-syarat berikut:
  • Tidak ada dengung
  • Tidak ada desah/noise 
  • Tidak ada cacat sinyal output 
  • Dapat me-reproduksi seluruh jalur frequency audio (20Hz – 20.000Hz)
Berbagai perangkat gadget / alat pengolah suara banyak mengadopsi sistem Hi-Fi ini untuk memperkaya fiturnya dan memanjakan telinga pengguna ketika digunakan untuk memutar file-file musik mp3 atau video mp4.

Ada lagi standar audio yang lebih bagus dari Hi-Fi, yaitu adalah Hi-END. Sistem ini berada satu tingkat di atas Hi-Fi yang sekarang telah digunakan untuk tata suara di bioskop atau home teather dengan fitur terbarunya 7.1 kanal speaker (biasa kita dengar dengan dolby 7.1)

Kesimpulan

Audio system memang sangat penting serta selalu dibutuhkan pada berbagai macam bidang pekerjaan. Pada publik address system, hal yang diperlukan dari system sangatlah sederhana yaitu suara dapat disalurkan dengan baik sehingga informasikan dapat diterima oleh orang-orang yang berada dalam area tersebut. Karakteristik yang diperlukan adalah suara yang lantang dan jelas.

Untuk Audio Rumah, tingkat kedetilan dan kualitas suara sudah mulai di perhitungkan. Mulai dari bass, treble serta kejernihan suara sangat diperlukan untuk kenyamanan dalam menikmati hiburan. Sedangkan untuk Professional use, segala aspek suara sangat diperhitungkan untuk menghasilkan kualitas suara dengan standar Hi-Fi

Oke sobat, semoga sedikit uraian diatas dapat menambah pengetahuan kalian. Thanks sudah meluangkan waktu untuk belajar di ULBE.