Cara Membuat Power Amplifier NAMEC (New American) review

Halo Pembaca...!! Mungkin anda sudah pernah mendengar tentang Power Amplfier NAMEC. Power ini adalah hasil karya Anwar Eltro (begitulah beliau di kenal) yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur. NAMEC sendiri adalah kepanjangan dari NEW AMERICAN, mengapa di sebut New American? Silahkan tanyakan langsung ke Pak Dhe Anwar... Hehe.

Menurut pengalaman para pembuat NAMEC, konon katanya proses pembuatanya susah susah gampang. Ada yang berhasil jadi dengan hasil yang memuaskan, atau jadi tapi banyak mengalami trobel, bahkan ada yang gagal total alias “mision failed”.

Power Namec

Kejadian seperti itu menyebabkan Pro dan Kontra terhadap Power Amplifier NAMEC, yang lebih seru lagi banyak forum perdebatan online yang membahas PA NAMEC karya Anwar Eltro ini. Ada yang mengatakan kalau itu hanya PA hasil plagiat, PA tiruan, dan macam-macam celaan yang lain.

Tapi menurut saya sih terserah aja orang mau berkata apa, yang penting PA NAMEC memang saya anggap memiliki ratting sekelas Power Ampli terkenal Internasional. Seperti Audio Yiroshi, Blazer, Leach Amplifier, dan lain lain. Saya berkata seperti itu karena dalam situs jejaring sosial facebook, ada Grup khusus untuk para pecinta NAMEC. Nama Grupnya kalau tidak salah adalah Skema Audio Anwar Eltro.

Dalam grup tersebut saya hanya sebagai pembaca dan penyimak saja karena saya juga masih minim pengalaman dalam merakit Power Amplifier khususnya NAMEC. Banyak yang mengatakan kalau suara yang dihasilkan dari NAMEC ini sangat jernih dan bagus, bassnya mengglegar halus dan treble yang Ciissz... membuat bangga bagi yang berhasil membuatnya.


Dalam pembuatan Power NAMEC memang ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan, seperti yang saya kutip dari tuliasan Pak Dhe Anwar di grup :

Anwar Eltro
“ Namec bukan buatan pabrik gak bisa
di bandingkan....... karena mutu
suara tergantung dari pcb...... mutu
komponen.,tateletak,trafo,elko dll....dan si
perakit.......waduh aku jadi semangat
gini .... hehehehe.... karena itu
jangan memvonis namec sebelum
berhasil dg sempurna ”

Anwar Eltro

“ Dulu udah saya bilang berkali kalai
namec itu cocok buat sanken tapi gak
pernah dihiraukan semua pake
thoshiba. alasan ini alasan
itu.....sama2 45v sanken jauh lebih
baik, padahal 4 set cukup eeeeee....
malah di kasih 16 set/mono.padahal
suara juga sama aja 3set dg
16set......... setelah merakit berhasil
katanya masih kurang “

Dari kutipan tersebut saya simpulkan bahwa dalam merakit PA NAMEC tidak boleh sembarangan agar hasil yang didapat bisa maksimal. Ikuti prosedur dan saran dari Master NAMEC-KER yang sudah pernah merakit dan jadi, atau minta saran langsung ke Pak Dhe Anwar.

Power NAMEC sendiri memiliki berbagai versi. Mulai dari versi standar dengan daya rendah, hingga model NAMEC MICRITECH dengan skema yang di perkecil dan sedikit perubahan pada daftar komponenya. Daya yang dihasilkan Power Amplifier NAMEC ini mulai dari 400 W hingga 1000 W bahkan lebih.


Anwar Eltro

“ kalau versi 1000w masih kurang puas
ada super raksasa 2500w BTL pake
vr,.... eeeee gak ada yang menurut
pake tahanan biasa, nanti kalau gak
maximal ... katanya memang segitu
kemampuan nya. padahal perakitan
gak sesuai petunjuk,..... dan anehnya
lagi ikut berdebat di group tetangga
katanya namec gak baguss.... padahal
dia sendiri yang gak bisa merakit “

Dibawah ini juga akan kami tunjukan review dari salah satu anggota grup Skema Audio Anwar Eltro, yang mengatakan bahwa NAMEC itu lebih bagus dari power lain.

"
Namec Anwar Eltro
(klik pada gambar untuk melihat lebih jelas )
"
Mungkin sekian review dari saya. Semoga dapat menginspirasi anda dalam dunia elektronika terutama dalam perakitan Power Ampli NAMEC.


SALAM NAMEC-KER