Cara Buat Spull Gitar Rakitan Sendiri dengan Lilitan Bekas pakai


Kembali lagi kami akan menuliskan sebuah artikel yang membahas seputar peralatan elektronik yang semakin lama semakin canggih dan semakin kompleks untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Spull Gitar. Apakah yang dimaksud dengan Spull gitar..?? Memang gitar ada spullnya..??

Dahulu saya selaku penulis juga pernah menanyakan pertanyaan seperti itu kepada teman saya. Karena pada waktu itu teman saya sedang berencana membuat spull ditar sendiri. Dia adalah orang yang sukanya bermain dengan barang-barang elektronik, dan ketika dia butuh suatu alat, tak jarang ia membuatnya sendiri. Setelah mendapat penjelasan sedikit dari teman saya serta browsing di internet mengenai apa yang dimaksud dengan spull gitar, akhirnya saya mendapat ide untuk menuliskanya pada artikel ini.

Spull Gitar atau orang barat bilang Contact Pickup adalah alat yang di gunakan untuk menangkap getaran suara dari gerakan mekanik senar gitar dan merubahnya menjadi sinyal listrik yang kemudian akan diteruskan ke unit penguat suara. Prinsip dasarnya adalah dengan memanfaatkan induksi elektromagnet, yang mana getaran senar akan mempengarui garis-garis gaya elektromagnetik sehinga timbul arus listrik.

Fungsi Spull Gitar bisa dikatakan hampir sama dengan fungsi sebuah microphone yang mana sama-sama sebagai Transduser atau alat yang digunakan untuk merubah energi gerak dari suara menjadi arus listrik. Dalam Spull Gitar terdapat magnet permanen yang terbuat dari bahan AlNiCo sebagai sumber medan magnet untuk mendapatkan garis gaya magnet.

Kontruksi dari Spull Gitar sendiri berupa sebuah megnet batang permanen yang diletakan dibawah kumparan yang disebut Bobbin. Bobbin adalah tempat dimana kawat email di lilitkan.


Bobbin dapat dibuat dari 2 buah plat plastik (isolator) yang dilekatkan dengan disekat dengan kayu (isolator yang lebih tebal) dan kayu itu dilubangi untuk menempatkan baut kecil yang berfungsi sebagai inti kumparan. Jumlah baut yang digunakan biasanya 6 buah dan jumlah lilitan dibuat sebanyak mungkin (1000-5000 lilit) walaupun sebenarnya 100 lilit saja sudah dapat memunculkan suara, akan tetapi masih sangat lemah dan kurang bagus karena rentan noise.
Kemudian Bobbin dan magnet tersebut di kemas dengan kesing sesuai ukurannya.

Harga sebuah Contact Pickup dipasaran sangat berfariasi, tergantung merk dan kwalitasnya. Namun dari pada beli lebih baik bikin sendiri, hehe.. Bukankah begitu.??
Contact Pickup atau Spull Gitar dapat dibuat sendiri dari bahan yang murah meriah, bahkan kita dapat memanfaatkan dari barang yang sudah tak terpakai lagi. Meskipun sederhana, tapi kualitasnya tidak kalah dengan yang di jual di pasaran. Bagaimana Cara Membuat Spull Gitar sendiri?

Simak langkah-langkah berikut ini :

Alat & Bahan :

  • 2 buah plat isolator tipis (bisa dari plastik atau kayu, dapat dari wadah kaset keping atau triplek)
  • Potongan kayu (sebagai sekat pada Bobbin, kurang lebih setebal 0,7 mm atau hampir 1 cm)
  • Kawat email diameter (0,1 atau 0.15 mm, bisa menggunakan trafo bekas)
  • Kabel secukupnya
  • 6 buah skrup kecil ukuran 3/16"
  • Lilin dan Lem
  • Magnet Permanen berbentuk batangan
Cara Membuat :


1. Siapkan Potongan kayu dengan dilubangi sebagai tempat meletakan skrup, skrup ini nantinya beerfungsi sebagai inti dari lilitan yang tehubunng dengan magnet yang ada dibawahnya.


2. Potong plat isolator tipis menjadi 2 bagian dengan ukuran menyesuaikan dan lebih besar sedikit dari pada potongan kayu. Plat isolator tipis ini digunakan sebagai penahan agar lilitan tidak mudah lepas. Lilitan nantinya berada di antara celah 2 isolator tipis ini yang disekat dengan kayu tadi.



3. Rekatkan ke tiga bahan tersebut menggunakan lem, tunggu hingga kering lalu beri lobang pada isolator yang tipis tadi sesuai dengan lobang yang ada pada kayu. Bobbin ini digunakan sebagai tempat untuk melilitkan kawat email (spull)




4. Setelah Bobbin jadi, lilitkan kawat email pada Bobbing sebanyak 1000 s/d 5000 lilit, untuk hasil yang bagus kami sarankan lilit hingga lebih dari 3000 lilit. Karena Untuk kelas professional biasanya 4000 s/d 5000 lilit. Jadi terserah anda tinggal menyesuaikan sesuai tingkat kemampuan anda.



5. Setelah pelilitan seselasi, sambung kedua ujung kawat menggunakan kabel (kemudian rapikan). Masukkanlah keenam skrup kecil ke dalam lobang yang telah disiapkan pada bobbin yang sekarang telah kita lilit. Masukkanlah ujung baut dari bagian atas (bagian yang lebih kecil) sehingga kepala baut akan tersisa pada bagian atasnya, setelah itu rendamlah dalam cairan lilin yang dipanaskan.

6. Langkah terakhir adalah pemasangan magnet permanent, sebelumnya ratakan keenam ujung baut pada bagian bawah pickup, amplas sampai semuanya sama rata, kemudian letakkan magnet batang yang telah disiapkan pada bagian bawahnya, usahakan agar semua ujung baut mengenai pada magnet.

Contac pickup atau Spull Gitar buatan sendiri sudah jadi adn siap untuk digunakan. Jangan kawatir tidak berfungsi, asalkan mengikuti cara diatas dan tidak ada kawat yang putus saat pelilitan, insa Allah pasti berfungsi. Selamat Mencoba..!!