Daftar Audio Mixer Profesional untuk Sound system

audio-mixer-pofesional


Hola sobat elektronika...!!
Jumpa lagi di IZC Blog, blog yang mengulas tentang peralatan-peralatan elektronik dan dasar-dasar teknik elektronika yang bisa dijadikan reverensi oleh para pembaca. Pada pembahasan kali ini akan saya tuliskan beberapa daftar Audio Mixer murah dan berkwalitas untuk keperluan sound system.

Belajar audio mixer
Sebelum masuk kedalam inti pembahasan kita belajar sedikit materi yuk!
Pengertian Audio Mixer adalah alat yang digunakan untuk mencampur atau memadukan input suara yang berasal dari berbagai sumber. Audio Mixer berfungsi sebagai titik pengumpul dari beberapa Microphone yang terpasang atau perangkat lain sebagai sumber suara pada sound system.

Kemampuan untuk mengampu / mengolah banyaknya jumlah input yang diberikan tergantung pada banyaknya Chanel yang dimiliki Audio Mixer tersebut. Misal, sebuah Audio Mixer dengan jumlah 8 chanel, berarti Audio Mixer tersebut dapat memadukan sabanyak 8 input secara bersamaan. Begitu seterusnya untuk 16 chanel, 24 chanel, 32 chanel, atau 64 chanel.

Banyak sedikitnya chanel yang digunakan tergantung dari... ( Read More... )

Jika kalian amati, berapa jumlah tombol pada audio mixer??
Seringkali pada acara hajatan dikampung kita jumpai audio mixer ini dengan ukuran yang relative besar dan banyak sekali tombol-tombol nya. Apakah tidak bingung cara menggunakanya..?? hehe...
Dalam Audio Mixer terdapat kolom-kolom yang bertuliskan Line 1 sampai dengan Line x atau Chanel 1 sampai dengan Chanel x. Jadi jika 8 chanel ya ada 8 kolom, dimana setiap kolom di gunakan untuk memproses satu input, di antaranya di gunakan untuk mengatur gain, level volume, nada High Mid Low,delay efek, serta efek lainya.

Jadi jika dalam Audio Mixer terdapat banyak sekali tombol berarti jumlah chanel yang dimilikinya juga semakin banyak. Untuk lebih detail lagi pembahasan audio mixer (Read More...).



Lantas bagaimanakah Audio Mixer yang bagus itu..??

Jawaban dari pertanyaan ini bisa memiliki beberapa versi tergantung pengalaman penggunanya. Namun pada umumnya, audio mixer buatan pabrik kwalitasnya rata-rata sama saja karena sudah di setting sesuai dengan standar. Berbeda kalau dengan audio mixer yang dipakai adalah rakitan sendiri.

Standar kwalitas yang baik untuk audio mixer rakitan adalah:
  • Tidak ada suara yang cacat
  • Tidak ada dengung / noise akibat kurang bagusnya pengkabelan & catu daya
  • Suara yang dihasilkan bisa jernih (pure) sesuai dengan aslinya
  • dan tidak ada kekurangan lain yang dapat mengurangi kwalitas suara
Tapi semua itu juga ada kaitanya dengan kwalitas dari perangkat lain yang digunakan, seperti kwalitas microphone, amplifier, speaker, serta aksesoris lainya.


Harga perangkat Audio Mixer yang ada di pasaran juga relatif dan bermacam-macam tergantung merk dan banyaknya chanel. Berikut ini sedikit daftar harga Audio Mixer yang cukup murah dijual dipasaran :


MIXER YAMAHA MG 124CX
harga-dan-spesifikasi-audio-mixer-yamaha-MG-124cx
Audio Mixer yamaha MG 124cx

Ket :
6 mics inputs,4 one-knob compressors,SPX multi-effect integrated ( reverb, echo, chorus,flanger, phaser, auto-wah and distorsion),Channels 1 to 4 inserts,2 x AUX ( pre/ post) ,Stereo group + 1-2,Independant volume for Sté ré o/ Monitor/ Phones,Optional switch pedal for effect ( called FC5) ,Weight 3.2 kg harga : RP 3.200.000,-


MIXER YAMAHA MG 82CX
daftar-harga-dan-spesifikasi-mixer-yamaha-82cx
Audio Mixer yamaha MG 82cx


Ket:

8 inputs : 4 mics + 2 line in mono + 3 line in stereo3 bands EQ,1 AUX,SPX multi-effects,integrated ( reverb, echo, chorus, flanger, phaser, auto-wah and distorsion),Gain trim covers a wide -60dB ~ -16dB range for microphone input, and -34dB ~ + 10dB for line input,Weight 1.6 kg, harga: RP 2.150.000,-

MIXER YAMAHA MG 166CX
harga-dan-spesifikasi-mixer-yamaha-MG-166cx
Audio Mixer yamaha MG 166cx


Ket:

10 Mics + 4 Stereo line inputs8 Insert I/ O,Phantom power switch ( + 48V),3 band Mid-sweep,EQ ( Ch 1-8) ,3 band EQ ( Ch 9/ 10-15/ 16) ,6 busses ( Stereo + 4 groups),2 Aux sends + 1,Effect send,1 Stereo Aux return,Neutrik XLR Connectors,Input gain trim,Illuminated CH ON switches,60 mm Super smooth fader,SPX Digital multi effect ( reverb, echo, chorus, flanger, phaser, auto-wah and distorsion) ,Monitor mix,12-seg LED level meter,Rack Mountable,USB Connector,CUBASE AI4 Included,Light weight ( 5.5 kg) harga : Rp 4.500.000,-


MIXER POWER J ACCOUSTIC P-6D, 6 CHANEL


harga-dan-spesifikasi-mixer-accoustic-p-6d
Audio Mixer Accoustic p-6d

Ket:

Balance input : 6,Line Input: 6,use for connection Deck, Turntal , keyboard etc,Gain Control,input channel sensitivity: Mic -60dB, Stereo chanel input -40dB,Efx-send -20dB, Efx return -20dB,Outputs: 4 V max,Signal to noise ratio: -80dB,Power consumption: 600 watt, harga : RP 2.750.000,-


MIXER YAMAHA MG 32/ 14FX
harga-dan-spesifikasi-mixer-yamaha-mg-32-14fx
Audio Mixer yamaha MG 32/14fx

Ket:
All 16 mic preamps in the MG24/ 14FX and all 24 mic preamps in the MG32/ 14FX are of exemplary quality,Illuminated Switches,14 Buses In All For Flexible Signal Routing(MG24/ 14FX and MG32/ 14FX you have a total of 14 mix buses),Insert I/ O,3-band Mid-sweep Channel EQ and HPF,Dual SPX Digital Effects,Talkback Input,Balanced XLR Stereo and Mono Outputs,Sweepable LPF for Mono Out,harga : RP 11.850.000,-


Cari jenis Audio Mixer yang lain :


Mungkin sampai disini dahulu pembahasan tentang daftar Audio Mixer Profesional untuk sound system yang dapat saya tulis. semoga bermanfaat!