Cara Mudah Update Ke Windows 10 dari Windows 7 atau 8


Woyo Gaes...!! Gimana kabarnya, udah pada update windows belum nih?? Bulan Juli lalu, microsoft telah merilis windows terbaru loh, yaitu Windows 10. Cara update windows 10 mudah banget kok, kita tinggal reservasi ke microsoft buat dapetin update nih OS. Belum punya akun microsoft? buruan dah kalian daftar dan buat akun di situs resminya www.microsoft.com


Cara Update Windows 10

Sebelum bisa melakukan update dari windows 7 atau 8 ke windows 10, kita harus reservasi dulu gaes. Caranya kita buat akun di web resminya microsoft, lalu setelah akun jadi kita buka menu upgrade to windows 10. Nah disana kita bisa baca-baca dulu tentang persyaratan dan spesifikasi minimum laptop atau komputer yang kita miliki.


Untuk memasang windows 10, PC kalian harus memiliki spesifikasi minimum seperti dibawah ini (diambil dari web resmi microsoft) :
  • Processor:
    1 gigahertz (GHz) or faster processor or SoC
  • RAM:
    1 gigabyte (GB) for 32-bit or 2 GB for 64-bit
  • Hard disk space:
    16 GB for 32-bit OS 20 GB for 64-bit OS
  • Graphics card:
    DirectX 9 or later with WDDM 1.0 driver
  • Display:
    800x600

Jika kalian sudah yakin dengan segala persyaratanya, silahkan melakukan reservasi OS dari notifikasi yang diberikan microsoft. Oh iya, notifikasi ini akan muncul setelah kita melakukan update windows dan menginstal beberapa update yang diperlukan dari versi yang sebelumnya. Tanda ini akan muncul di bagian bawah kanan pada taksbar.


update-windows-10
notifikasi update windows 10


Untuk melakukan reservasi klik logo windows 10 yang ada pada taksbar tersebut, lalu setelah muncul jendela update pilih "Reserve your free upgrade". Ikuti semua prosedurnya hingga proses reservasi windows 10 selesai. Setelah proses reservasi selesai sabar dulu ya gaes, soalnya perlu beberapa hari untuk mendapat notivikasi lagi kalau windows yang di pesan tadi udah siap.

Setelah mendapat notifikasi kalau update windows 10 nya sudah siap, tinggal download aja tuh OS nya. Eits..... jangan keburu-buru dulu ya, dalam proses pengunduhan ini ada dua cara yang dilakukan oleh sistem update ini. Pertama, kalau koneksi internet kenceng silahkan ditunggu proses pengunduhanya. Tapi, kalau koneksi bisa dibilang pas-pasan misalnya cuma pake modem atau yang lainya (kurang mendukung untuk update), ya mending di tunggu sambil aktifitas yang lain.

Karena filenya cukup besar (hampir 4 GB) mungkin butuh waktu yang cukup lama, Sistem update nya akan otomatis mendownload file update sesuai dengan kecepatan koneksi. Dan itu akan "pause" & "resume" secara otomatis pula. Seteah proses download selesai, nanti akan ada notifikasi lagi "Update sudah siap instal", yaudah klik aja "Get Started" atau "Instal". Em.. agak ribet ya..?? hehe....

Tapi gak papa gaes, kalian gak bakalan nyesel kalau udah berhasil update windows 10 ini. Karena banyak sekali keistimewaan yang di usung oleh windows 10. Salah satunya adalah kembalinya tombol start yang tadinya sempat menghilang pada versi windows 8. Windows 10 ini merupakan gabungan antara windows 7 dan windows 8.

Oh iya, bagi kalian yang masih menggunakan windows 7 atau 8 dan ingin upgrade ke windows 10 caranya sama kok. Dengan syarat OS yang digunakan adalah asli dan bukan bajakan. Ok gaes mungkin sampai disini dulu ya, thanks udah nyempatin sedikit waktu buat baca. Semoga bermanfaat!!