Cara Membuat Speaker Aktif dari Komponen Bekas Pakai

Izokuichi speaker aktive

Halo sobat elektronika..

Ngomong-ngomong soal speaker aktif, pernahkan kalian terpikir untuk merakitnya sendiri? Meskipun sekarang ini banyak sekali 'kit' rangkaian speaker aktif yang dijual dengan harga murah, namun kita bisa membuatnya sendiri dengan biaya yang lebih murah. Berikut ini adalah cara membuat speaker aktif dari komponen bekas pakai.

'Bekas pakai' disini bukan berarti menggunakan komponen komponen yang sudah rusak dan usang, tetapi memilih komponen yang masih bagus dari peralatan elektronik lain yang sudah rusak (misalnya; televisi atau radio) dan dapat dimanfaatkan untuk membuat speaker aktif serta menggunakan bahan lain sebagai pendukung untuk membuat kesing atau box speaker aktif tersebut.

Hemat Biaya
Untuk membuat sebuah perangka speaker aktif dari bahan bekas, saya menggunakan bahan dan komponen sebagai berikut:

  • 2 buah speaker (saya ambil dari TV bekas)
  • Box (saya gunakan 2 buah botol bekas oli motor)
  • Komponen sesuai list gambar skema (saya ambil dari radio bekas)
  • Kabel USB (dari cas Hp yang kabelnya tidak terpakai)
  • Jack 3.5mm + kabel audio (bisa ambil dari bekas headset)
  • Trafo 1 Ampere (dari radio bekas)
  • Tenol dan Solder, serta alat pendukung lain untuk perakitan.

Speaker aktif yang akan dibuat ini sudah menggunakan sistem stereo, dan dapat beroperasi pada tegangan 3 s/d 12 Volt DC dengan arus maximal 2 Ampere. Dari bahan bahan diatas saya rasa tidak susah untuk mencarinya. Untuk box nya sobat bisa menggunakan benda lain yang mudah didapat dan disesuaikan dengan kebutuhan atau selera kreatifitas sobat elektronika.

Gambar Skema Rangkaian
Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar rangkaian di bawah ini!

Skema speaker aktif TDA 2822 stereo
Skema rangkaian mini amplifier dengan IC TDA 2822 stereo - taken from Google image | watermarked by Izokuichi
daftar komponen yang digunakan:

  • C1,C2,C3 .... 100 uF/16v
  • C4,C5 .... 470 uF/16v
  • C6,C7 .... 100 nF
  • R1,R2 .... 4.7 Ohm
  • VR1,VR2 .... 50K Ohm *
  • LS1,LS2 ... 8 Ohm
  • IC1 .... TDA 2822 **
* bisa memakai satu buah potensio stereo
** Data sheet IC TDA 2822

Setelah melihat dan paham dengan skema speaker aktif di atas maka langkah selanjutnya adalah membuat layout peletakan komponen. Setelah layout jadi, pasang semua komponen sesuai dengan letaknya masing-masing, lalu rangkaian speaker aktif yang sudah jadi di tes terlebih dahulu dengan catu daya yang kecil. Pastikan tidak ada komponen yang short atau konslet.

Jika semua beres, lanjutkan ke tahap perakitan. Oh iya satu hal lagi, saya tadi menggunakan kabel usb karena saya menggunakan catu daya sebesar 5 volt yang diambil dari carger adapter atau port USB komputer/laptop.

Apakah aman digunakan pada port USB?
Sejauh ini aman-aman saja dan belum pernah mengalami kerusakan pada usb laptop/komputer karena penggunaan ini, yang penting sobat tidak terbalik dalam pemasangan kabelnya.

Lihat gambar dibawah ini :

pin kabel USB untuk catu daya
Pin kabel USB untuk catu daya - taken from Google image | watermarked by Izokuichi
Untuk mengecek posisi dan warna kabel sesuai Pin yang tertera silahkan gunakan Multimeter, karena jika saya sebutkan warnanya bisa saja setiap kabel USB berbeda, tatapi untuk patokan saja biasanya warna Merah (+), Hitam (-), Hijau (data -), Putih (data +). Jadi sobat tinggal ambil warna Merah dan Hitam (dalam gambar +5v dan GND) saja untuk catu daya Speaker Aktif yang dibuat tadi.

Speaker Aktif dari Komponen Bekas Pakai
Berikut ini adalah foto speaker aktif dari komponen bekas yang berhasil saya rakit, dan sampai saat ini masih saya gunakan untuk speaker portable di kamar:
Speaker aktif mini sederhana
Gb.1 Speaker aktif sederhana

Speaker aktive stereo dengan IC Tda 2822
Gb.2 Speaker aktif sederhana

Speaker aktif
Gb.3 Speaker aktif sederhana
Kesimpulan
Speaker aktif adalah perangkat elektronika yang digunakan sebagai penguat suara, atau dalam teknik elektronika disebut juga dengan amplifier. Meskipun sudah banyak rangkaian 'kit' speaker aktif dipasaran dengan harga murah, namun kita bisa membuatnya sendiri dengan biaya yang juga jauh lebih murah. Hanya bermodalkan kreatifitas dan kemauan kita bisa memanfaatkan limbah elektronika menjadi barang yang bermanfaat.

Mungkin sampai disini dahulu jumpa kita, semoga pembahasan yang saya sampaikan di atas dapat bermanfaat bagi sobat elektronika. Cari tau lebih jauh tentang speaker aktif, mulai dari harga-harga serta merk terbaik di pasaran. Selamat Mencoba !!